18 Jun 2012

RPP Kelas VII semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah                : .............................
Mata Pelajaran               : Matematika
Kelas / Semester             : VII (Tujuh) / II (Dua)
Pertemuan Ke -              : 18
Alokasi Waktu               : 45 menit (1 x Pertemuan)

Standar Kompetensi :GEOMETRI
6.      Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar :
6.2    Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.

Indikator :
1.      Menjelaskan pengertian persegi panjang menurut sifatnya
2.      Menjelaskan pengertian persegi menurut sifatnya
3.      Menghitung keliling persegi panjang
4.        Menghitung keliling persegi

A.           Tujuan Pembelajaran
1.        Aspek Kognitif :
Para siswa dapat :
-          Menjelaskan pengertian persegi panjang berdasarkan sifat-sifatnya
-          Menjelaskan pengertian persegi berdasarkan sifat-sifatnya
-          Menghitung keliling persegi panjang berdasarkan sifat-sifatnya
-          Menghitung keliling persegi panjang berdasarkan sifat-sifatnya



2.        Aspek Afektif
Para siswa dapat :
-          Untuk mengatakan pendapat mereka tentang materi.
-          Bekerja dalam kelompok
-          Untuk bertanya tentang masalah mereka dalam mempelajari materi
-          Untuk menghormati pendapat teman mereka

3.        Aspek Psikomotor
Para siswa dapat :
-          Siswa dapat menemukan pengertian persegi panjang dengan mengetahui sifat-sifatnya
-          Siswa dapat menemukan pengertian persegi dengan mengetahui sifat-sifatnya
-          Siswa dapat menemukan rumus keliling persegi panjang dengan mengetahui sifat-sifatnya
-          Siswa dapat menemukan rumus keliling persegi dengan mengetahui sifat-sifatnya

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.            Materi Ajar     
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita menjumpai barang-barang menyerupai bangun datar. Ada beberapa macam bangun datar yang berbentuk segi empat yaitu :
1.    Persegi Panjang
Sebuah persegi panjang dapat menempati bingkainya dengan empat cara.
a.    Persegi panjang ABCD sesuai dengan posisi pertama
b.    Persegi panjang ABCD dibalik menurut sumbu simetrinya PQ
c.    Persegi panjang ABCD dibalik menurut sumbu simetrinya RS
d.   Persegi panjang ABCD sesdibalik menurut diagonal BD
 

Sifat-sifat Persegi panjang
a.    Keempat sudutnya siku-siku, P = Q = R = S = 90o
b.    Sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar
-        Panjang PQ = SR dan PQ // SR
-        Panjang PS = QR dan PS // QR
c.    Kedua diagonalnya sama panjang saling membagi dua sama panjang
d.   Kedua diagonal AC dan BD pada persegi panjang ABCD berpotongan di satu titik.
-        Panjang AC = BD
Berdasarkan sifat-sifatnya maka persegi panjang adalah segi empat yang keempat sudutnya siku-siku dan sisi-sisinya yang berhadapan sama panjang dan sejajar.

2.    Persegi
Sebuah persegi dapat menempati bingkainya dengan delapan cara.
a.         Persegi ABCD sesuai dengan posisi pertama
b.        Persegi ABCD dibalik menurut sumbu simetrinya PQ
c.         Persegi ABCD dibalik menurut sumbu simetrinya RS
d.        Persegi ABCD sesdibalik menurut diagonal BD

e.         Persegi ABCD dibalik menurut diagonal AC
f.         Persegi ABCD diputar  putaran dengan pusat O
g.        Persegi ABCD diputar  putaran dengan pusat O
h.        Persegi ABCD diputar  putaran dengan pusat O


Sifat-sifat Persegi
a.         Keempat sisi sama panjang dan sisi yang berhadapan sejajar.
-        AB = BC = CD = AD
-        AB // DC
-        AD // BC
b.        Kedua diagonalnya sama panjang
-       AC = BD
c.         Kedua diagonalnya berpotongan dan membagi dua sama panjang
-       AT = BT = CT = DT
d.      Kedua diagonalnya berpotongan membentuk sudut siku-siku
-          ATD = 90 o
e.       Sudut-sudutnya dibagi dua sama besar oleh diagonal-diagonalnya     = 45o
Karena ada kesamaan sifat dengan persegi panjang, maka persegi didefinisikan sebagai persegi panjang yang keempat sisinya sama panjang

3.    Menghitung Keliling Persegi dan Persegi Panjang
Keliling bangun datar adalah jumlah semua panjang sisi yang membatasi bidang datar tersebut. Dengan demikian berarti :
a.         Keliling persegi panjang adalah jumlah panjang semua sisi persegi panjang
b.        Keliling persegi adalah panjang semua sisi persegi
Rumus Keliling Persegi Panjang
Perhatikan persegi panjang pada gambar dibawah ini

Keliling persegi panjang ABCD = AB + BC + CD + DA
Karena AB = CD dan BC = AD, maka :
Keliling persegi panjang ABCD = 2 x AB + 2 x BC
AB disebut panjang dan BC disebut lebar
Jadi, keliling persegi panjang ABCD = 2 x panjang + 2 x lebar.
Rumus keliling persegi panjang adalah :
K = 2p + 2l atau = 2(p x l)
Jika panjang = p cm, lebar = l cm dan keliling = K cm, maka :
 
 
Contoh :
Hitunglah keliling persegi panjang yang berukuran panjang 10 cm dan lebar 6 cm
Penyelesaian :
Diket             : p = 10 cm                  l = 6 cm
Ditanya         : K = ?
Jawab            :
K  = 2 p + 2 l
= 2 x 10 cm + 2 x 6 cm
= 20 cm + 12 cm
= 32 cm

Jadi, keliling persegi itu adalah 32 cm

Rumus Keliling Persegi
Perhatikan gambar dibawah ini
 
Keliling persegi ABCD = AB + BC + CD + DA
Karena AB = BC = CD = DA, maka :
Keliling persegi ABCD = 4 x AB
Rumus keliling persegi adalah :
K = 4 s
Jika panjang sisi AB = s cm dan keliling persegi = K, maka :
 

Contoh :
Hitunglah keliling persegi yang panjang sisinya 6 cm !
Penyelesaian :
Diket             : s = 6 cm
Ditanya         : K = ?
6 cm
Jawab            :
K  = 4 s
= 4 x 6 cm
= 24 cm


 Jadi keliling persegi adalah 24 cm

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
1.        Kegiatan Awal
Jenis Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa
-    Guru membuka pelajaran
-    Guru memotivasi siswa dengan mengaitkan manfaat materi pembelajaran dengan masalah kehidupan sehari-hari
-    Guru meriview pelajaran minggu lalu
-    Siswa mendengarkan penjelasan guru







-    Siswa aktif menyabutkan pembelajaran minggu lalu
10 menit
2.        Kegiatan Inti
Jenis Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1.    Eksplorasi
-    Guru bertanya jawab untuk menggali potensi siswa tentang segi empat
-    Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai persegi panjang dan persegi menempati bingkainya dan mengidentifikasi sifat-sifatnya serta mendefenisikan persegi panjang dan persegi berdasarkan sifat-sifatnya.
-    Guru menunjuk salah seorang siswa untuk mempraktekan apa yang diajarkan guru


-    Guru memberikan stimulus tentang mencari keliling persegi dan persegi panjang
-    Guru memberikan contoh soal yang berkaitan dengan materi segi empat dan sifat-sifatnya
-    Guru menyuruh siswa mendiskusikan materi tersebut dengan berpasang-pasangan dan setiap kelompok mengerjakan LKS yang diberikan guru
-    Siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru


-    Siswa mendengarkan dan memperhatikan stimulus yang diberikan  guru








-    Salah seorang siswa maju kedepan kelas dan melakukan apa yang diintruksikan guru

-    Siswa mendengarkan dan memperhatikn stimulus yang diberikan guru
-    Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan guru


-    Siswa mengerjakan kegiatan seperti yang diinstruksikan oleh guru secara berpasangan dan mengerjakannya
25 menit
2.    Elaborasi
-    Guru mengamati kegiatan siswa untuk membuat kesimpulan hasil diskusi pada pasangan masing-masing
-    Guru menginstruksikan kelompok siswa untuk mempersentasikan hasil diskusinya


-    Guru menjelaskan hasil perbandingan diskusi pada kelompok
-    Siswa mendiskusikan tentang materi segi empat



-    Kelompok siswa mempresentasikan dan kelompok lain memperhatikan serta menanggapinya secara bergiliran
-    Siswa memperhatikan penjelasan guru dan menjawab pertanyaan guru


3.    Konfirmasi
-    Guru memberikan soal latihan kepada siswa untuk dikerjakan secara indvidu dan siswa tidak diijinkan untuk saling membantu dalam pengerjaan soal
-    Setelah waktunya mengerjakan soal latihan selesai, guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya
-    Siswa mengerjakan latihan secara mandiri





-    Secara individu atau mengopor ke bangku paling depan mengumpulkan latihan yang diberikan


3.        Kegiatan Akhir
Jenis Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Refleksi dan tindak lanjut
-    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-     Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
-    Guru memberikan PR
-    Siswa bertanya jawab dengan guru


-    Siswa menyusun rangkuman dan mencatat tugas yang diberikan guru
10 menit


E.     Alat dan Sumber Belajar.
Sumber :           
-            Buku matematika SMP kelas VII jili 1b, terbitan erlangga           halaman83 – 115
-            Atik Wintarti , Endah Budi Rahaju , R.Sulaiman. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Tahun : 2008
-            A. Wagiyo, F. Surati, Irene Supradiarini. Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun : 2008
Alat :
-            Laptop
-            LCD
-            Kertas Karton

               F.      Penilaian Hasil Belajar                       
Teknik                            : Individu
Bentuk Instrument        : Essay
Contoh Instrument :
No
Soal
Kunci Jawaban
Nilai
1.
Jelaskan pengertian persegi panjang berdasarkan sifat-sifatnya !
Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki persegi panjang, maka persegi panjang adalah segi empat yang keempat sudutnya siku-siku dan sisi-sisinya yang berhadapan sama panjang dan sejajar.

20
2.
Jelaskan pengertian persegi berdasarkan sifat-sifatnya !
Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki persegi, maka Persegi didefinisikan sebagai persegi panjang yang keempat sisinya sama panjang.
20
3.
Sebuah persegi panjang berukuran panjang = 8 cm dan lebar = 5 cm. Hitunglah kelilingnya ?
Diket    : p = 8 cm        l = 5 cm
Ditanya            : K = ?
Jawab  :
K  = 2 p + 2 l
= 2 x 8 cm + 2 x 5 cm
= 16 cm  + 10 cm
= 26 cm
Jadi keliling persegi panjang tersebut adalah 26 cm
20
4.
Keliling sebuah persegi panjang = 48 cm dan lebarnya = 10 cm. Hitunglah panjangnya !
Diket    : K = 48 cm      l = 12 cm
Ditanya            : p = ?
Jawab  :
K                     = 2 p + 2 l
48 cm              = 2 p + 2 x 10 cm
48 cm              = 2 p + 20 cm
48 cm - 20 cm = 2 p + 20 cm - 20 cm
28 cm              = 2 p + 0
28 cm              = 2 p
28 cm : 2         = 2 p : 2
14 cm              = p
P                      = 14 cm
Jadi, panjang persegi panjang adalah 14 cm
20
5.
Keliling sebuah persegi 28 cm. Hitunglah panjang sisinya
Diket    : K = 28 cm                 
Ditanya            : s = ?
Jawab  :
K             = 4 s
28 cm      = 4 s
28 cm : 4 = 4 s : 4
7 cm        = s
s              = 7 cm
Jadi sisi persegi adalah 7 cm
20








LEMBAR KERJA SISWA

Nama anggota kelompok        :
1.      ……………………………..
2.      ……………………………..

Kerjakan bersama dengan teman sebangkumu!
a.         Selidikilah defenisi persegi panjang berdasarkan sifat-sifatnya! Jelaskan! Jawab : ………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………(Bobot 25)
b.        Selidkilah defenisi persegi berdasarkan sifat-sifatnya! Jelaskan !
Jawab : ..……………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………(Bobot 25)
c.         Buatlah gambar persegi panjang dan tentukan ukuran panjang serta lebarnya sendiri lalu carilah keliling persegi panjang yang kamu buat!
Jawab :...……………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………(Bobot 25)
d.        Buatlah gambar persegi dan tentukan ukuran sisinya sendiri lalu carilah keliling persegi yang kamu buat!
Jawab :....……………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………(Bobot 25)






RUBLIK PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK

Kelompok
Aspek yang di Nilai
Skor Total
Komentar
a
b
c
d






















Keterangan :
a.    Peran serta semua anggota kelompok
b.    Ketepatan dan kerapian pekerjaan
c.    Ketepatan dalam menyimpulkan
d.   Kejelasan mendefenisikan persegi panjang dan persegi

Skor Nilai :
3  = Baik
2  = Cukup baik
1  = Kurang baik

Nilai Akhir =   x 100



Mengetahui :
Dosen Pembimbing


Drs. USMADI, M.Pd
Padang Panjang, ......................... 2012
Guru Mata Pelajaran



EVANIS DESVITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar