RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMP
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VIII (Delapan) / II (Dua)
Pertemuan Ke - :
12
Alokasi Waktu :
45 menit (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi : GEOMETRI
5.
Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas,
dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi
Dasar :
5.1
Mengidentifikasi
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya.
Indikator :
1.
Menemukan unsur-unsur Prisma
2.
Menemukan unsur-unsur limas
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Aspek Kognitif :
Para
siswa dapat :
-
Menemukan unsur-unsur prisma
-
Menemukan unsur-unsur limas
2.
Aspek Afektif
Para
siswa dapat :
-
Mengemukakan pendapat mereka tentang materi.
-
Bekerja dalam kelompok
-
Bertanya tentang masalah mereka dalam mempelajari materi
-
Menghormati pendapat teman mereka
-
Berkompentesi
antar kelompok
3.
Aspek Psikomotor
Para
siswa dapat :
-
Menemukan
langsung apa saja unsur-unsur prisma yang ada pada kelompoknya
-
Menemukan
langsung apa saja unsur-unsur limas yang ada pada kelompoknya
-
Bersaing
dengan kelompok lain
Karakter
yang diharapkan :
1.
Disiplin
( Discipline )
2.
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
3.
Tekun
( diligence )
4.
Tanggung
jawab ( responsibility )
5.
Semangat
untuk berkompetesi
B.
Materi Ajar
1. Unsur-Unsur
Prisma
Gambar 1
a. Sisi
atau Bidang
Terdapat 8 sisi atau
bidang yang dimiliki oleh prisma segienam, yaitu ABCDEF (sisi alas), GHIJKL (sisi atas), BCIH (sisi depan), FEKL (sisi belakang), ABHG (sisi depan kanan), AFLG (sisi belakang kanan),
CDJI (sisi depan kiri), dan
DEKJ (sisi belakang kiri).
b. Rusuk
Dari Gambar 1,
terlihat bahwa prisma segienam ABCDEF.GHIJKL memiliki 18 rusuk, 6
diantaranya adalah rusuk tegak. Rusuk-rusuk tersebut adalah AB, BC, CD, DE,
EF, FA, GH, HI, IJ, JK, KL, LG, dan rusuk-rusuk tegaknya adalah AG, BH, CI, DJ,
EK, FL.
c. Titik
Sudut
Prisma segienam ABCDEF.GHIJKL memiliki 12 titik
sudut. Dari Gambar 1, terlihat bahwa titik-titik sudut tersebut adalah A, B, C, D, E,
F, G, H, I, J, K, dan L.
d.
Gambar 2
Dari gambar tersebut
terlihat ruas garis BG yang terletak di sisi depan kanan (sisi tegak) ditarik dari dua
titik sudut yang saling berhadapan sehingga ruas garis BG disebut sebagai
diagonal bidang pada bidang prisma segienam ABCDEF. GHIJKL. Begitu pula dengan
ruas garis CJ pada bidang CDIJ. Ruas garis tersebut merupakan diagonal bidang pada prisma
segienam ABCDEF.GHIJKL. dan masih
banyak diagonal bidang lainnya. Diagonal
bidang lainnya pada prisma tersebut antara lain AC, AD, BE,
BD, BF, FC, dan CE pada sisi ABCDE. GI, GJ, HK, HJ, HL, LI, dan IK pada sisi
GHIJKL.
e.
Bidang Diagonal
Gambar
3
Pada prisma segienam
tersebut, terdapat dua buah diagonal bidang yang sejajar yaitu BI dan FK. Kedua diagonal bidang tersebut
beserta ruas garis KI dan FB membentuk suatu bidang di dalam prisma segienam ABCDEF.GHIJKL. Bidang tersebut adalah
bidang BFKI yang merupakan bidang diagonal prisma segienam.
2.
Unsur-Unsur Limas
Dari banyak limas dapat kita buat satu contoh untuk
menentukan unsur-unsur yang ada di dalam limas, contohnya limas segi empat di bawah
ini :
Dari limas segi empat di atas dapat kita simpulkan bahwa
limas mempunyai unsur-unsur yaitu :
a.
Sisi
atau bidang
Dari gambar tersebut, terlihat bahwa setiap limas memiliki
sisi samping yang berbentuk segitiga. Pada limas segiempat E.ABCD, sisi-sisi yang terbentuk adalah
sisi ABCD (sisi alas), ABE (sisi depan), DCE (sisi belakang), BCE (sisi samping kiri), dan ADE (sisi samping kanan).
b.
Rusuk
Limas tersebut memiliki 4 rusuk alas dan 4 rusuk tegak.
Rusuk alasnya adalah AB,
BC, CD, dan DA. Adapun rusuk tegaknya adalah AE, BE, CE, dan DE.
c.
Titik
sudut
Jumlah titik sudut suatu limas sangat bergantung pada bentuk
alasnya. Setiap limas memiliki titik puncak (titik yang letaknya di atas).
Limas segitiga memiliki 4 titik sudut, limas segiempat memiliki 5 titik sudut,
limas segilima memiliki 6 titik sudut, dan limas segienam memiliki 7 titik
sudut.
C.
Model dan Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran
Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments)
Metode : Diskusi, Informasi,
Tanya jawab, Kuiz, Pemberian Tugas
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Jenis Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa
(Tanya Jawab)
(Informasi)
|
-
Guru mengucapkan salam
-
Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin do’a bersama
-
Guru mengabsen kehadiran siswa
-
Guru memotivasi yaitu : Hal mudah akan terasa sulit jika
yang pertama diipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki
kemampuan dan kekuatan.
- Guru meriview pelajaran minggu lalu tentang
unsur–unsur balok dan kubus
a. Apa
saja unsur yang ada pada kubus ?
b. Apa
saja unsur yang ada pada balok ?
-
Guru menyampaikan tujuan Pembelajaran
-
Guru membagi siswa kepada kelompok yang telah dibentuk
|
-
Siswa menjawab salam dari guru
-
Siswa berdo’a bersama yang dipimpin oleh temannya
-
Siswa menanggapi guru yang mengabsensi
-
Siswa mendengarkan motivasi yang diberikan guru
-
Siswa menjawab apa yang diapersepsikan oleh guru
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru
-
Siswa duduk berkelompok
|
5 menit
|
2.
Kegiatan Inti
Jenis Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Eksplorasi
(Diskusi)
|
-
Guru membagikan LKS
-
Guru memberikan penjelasan
singkat tentang cara mengerjakan LKS.
-
Guru mempersilahkan siswa untuk mengerjakan
LKS sesuai dengan petunjuk
|
-
Siswa menerima lembaran LKS
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru
-
Siswa mengerjakan LKS dengan anggota kelompoknya
|
5 menit
20 menit
|
2. Elaborasi
(Kuiz)
|
-
Guru mengamati kegiatan siswa
-
Guru meminta siswa setiap
kelompok, mengirimkan wakilnya ke meja turnament.
-
Guru memberi arahan secara garis
besar tata cara bekerjanya, diingatkan bahwa kemampuan dan keseriusan tiap
anggota kelompok akan mempengaruhi keberhasilan tiap kelompok.
-
Guru menjelaskan aturan main dalam turnament ini dengan meminta bantuan
salah seorang siswa untuk mencontohkannya
-
Guru menyuruh siswa yang diutus untuk suit agar tahu mana yang dahulu
mengambil kartu turnament
-
Guru meminta siswa yang menang suit untuk mengambil kartu turnament
pertama lalu
-
Guru meminta siswa pertama yang mengambil kartu untuk mengajukan
pertanyaan yang ada pada kartu turnamen
-
Guru mencatat skor yang didapat siswa di papan tulis jika benar nilai
kelompok ditambah 1 dan salah akan diberi nilai 0
-
Begitu seterusnya sampai kartu turnament habis
-
Setelah selesai guru meminta setiap
siswa atau peserta turnament kembali ke kelompok asal
-
Guru menjumlahkan skor yang didapat
bersama-sama dengan siswa di papan tulis
-
Guru meminta salah seorang dari kelompoknya mempersentasikan apa yang
dapat disimpulkan dari turnament tersebut tentang unsur-unsur yang ada
didalam prisma dan limas
-
Guru meminta siswa untuk mengumpulkan LKS yang telah diisi
|
-
Siswa mendiskusikan LKS yang diberikan guru
-
Kelompok siswa mengirimkan satu perwakilannya kemeja turnament
-
Siswa mendengarkan arahan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa memperhatikan apa yang dicontohkan oleh guru dan maju untuk membantu
guru mencontohkannya
-
Siswa melakukan suit untuk menentukan siapa yang mengambil kartu
pertanyaan terlebih dahulu
-
Siswa yang menang suit mengambil kartu turnament pertama
-
Siswa kedua menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa pertama
-
Siswa melihat guru mencatat skor peserta turnament
-
Siswa melaksanakan kegiatan turnament dengan kerjasama yang bagus agar
kelompok mereka memenangkannya
-
Siswa kembali ke kelompok masing-masing
-
Siswa bersama guru menjumlahkan skor yang didapat oleh temannya
-
Salah seorang dari kelompok siswa mempersentasikan apa yang didapatnya
tentang unsur-unsur yang ada dalam prisma dan limas
-
Siswa mengumpulkan LKS kepada guru
|
|
3. Konfirmasi
|
-
Guru dan siswa membahas hasil
turnamen
-
Guru memberitahukan kelompok
terbaik sekaligus memberikan reward kepada kelompok tersebut.
|
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru
-
Siswa mendengarkan pemberitahuan guru
|
10 menit
|
3.
Kegiatan Akhir
Jenis Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Refleksi dan tindak lanjut
(Pemberian Tugas)
|
-
Guru bertanya
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
-
Guru memberikan tugas kepada
siswa untuk mencari benda-benda yang berbentuk prisma dan limas serta
mengukurnya.
-
Guru mengucapkan salam
|
-
Siswa bertanya jawab dengan guru
-
Siswa menyusun rangkuman dan mencatat tugas yang diberikan guru
-
Siswa mencatat tugas yang diberikan guru untuk dikerjakan dirumah
-
Siswa menjawab salam guru
|
5 menit
|
E.
Alat dan Sumber Belajar
Alat :
1.
Model
bangun ruang prisma
2.
Model
bangun ruang limas
3.
Kartu
turnament
4.
Papan
Tulis
5.
Spidol
6.
Infokus
7.
Laptop
Sumber Belajar :
Endah, Budi Raharju, dkk. 2008. Contextual
Teaching and Learning Matematika : SMP/MTs Kelas VIII Edisi IV. Jakarta :
Pusat Perbukuan Dapartemen Pendidikan Nasional.
Dewi Nurhaini dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika
Konsep dan Aplikasinya:
untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta
: Pusat Perbukuan Dapartemen Pendidikan Nasional.
Agus, Nuniek Avianti. 2007. Mudah Belajar Matematika 2: Untuk
Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta : Pusat Perbukuan Dapartemen Pendidikan Nasional.
Abdul, Kodir. 2011. Strategi Belajar
Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia
F.
Penilaian Hasil Belajar
Teknik : Tes
Unjuk Kerja
Bentuk Instrument : Kartu Turnament
LEMBAR
KERJA SISWA
Nama Kelompok :
……………………… Hari : ………………
Anggota :
Tanggal:
……………….
1. …………………………….. 6. ……………………………..
2. …………………………….. 7. ……………………………..
3. …………………………….. 8. ……………………………..
4. …………………………….. 9. ……………………………..
5.
…………………………….. 10. ……………………………..
Standar Kompetensi :
5. Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan
bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi
Dasar :
5.1
Mengidentifikasi
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya.
Indikator :
1.
Menemukan unsur-unsur Prisma
2.
Menemukan unsur-unsur limas
Tujuan :
Para
siswa dapat :
-
Menemukan unsur-unsur Prisma
-
Menemukan unsur-unsur limas
Waktu : 20 Menit
Alat
dan bahan :
Model Prisma tegak, dan limas
Petunjuk
mengerjakan :
Kerjakan LKS secara berkelompok.
Kegiatan
1 :
1.
Perhatikan model bangun ruang yang ada
pada kelompokmu ! Gambarlah salah satu bangun tersebut pada bagan di bawah ini dan
namai titik-titik sudutnya!
2.
Bangun tersebut bernama
..................
3.
Temukan apa saja yang menjadi
unsur-unsur yang ada dalam bangun tersebut ! (Jelaskan)
Kagitan 2)
4.
Gambarlah model bangun yang lain dan
namai titik-titik sudutnya !
5.
Bangun tersebut bernama
..................
6.
Temukan apa saja yang menjadi
unsur-unsur yang ada dalam bangun tersebut ! (Jelaskan)
RUBLIK
PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK
Kelompok
|
Aspek
yang di Nilai
|
Skor
Total
|
Komentar
|
|||
a
|
b
|
c
|
d
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a.
Peran serta
semua anggota kelompok
b.
Ketepatan dan
kerapian pekerjaan
c.
Ketepatan dalam
menyimpulkan
d.
Penemuan unsur-unsur
yang diinginkan
Skor Nilai :
3 = Baik
2 = Cukup baik
1 = Kurang baik
Nilai Akhir =
x 100
Pertanyaan
dan Jawaban dalam Kartu Turnament
Jawaban :
5
|
Pertanyaan :
Berapa banyaknya sisi pada
prisma
segitiga ?
|
Jawaban :
6
|
Pertanyaan :
Berapa banyaknya diagonal
sisi pada prisma segitiga ?
|
Jawaban :
0
|
Pertanyaan :
Berapa banyaknya diagonal ruang
pada prisma segitiga ?
|
Jawaban :
6
|
Pertanyaan :
Berapa banyaknya titik sudut
pada prisma segitiga ?
|
Jawaban :
6
|
Pertanyaan :
Berapa banyaknya sisi pada
Limas
segilima ?
|
Jawaban :
6
|
Pertanyaan :
Berapa banyaknya titik sudut
pada Limas segilima ?
|
Jawaban :
0
|
Pertanyaan :
Berapa banyaknya diagonal ruang
pada Limas segilima?
|
Jawaban :
10
|
Pertanyaan :
Berapa banyaknya diagonal
sisi pada Limas segilima ?
|
PENILAIAN TURNAMENT
No
|
Nama
Kelompok
|
Nilai
/ Point
|
Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
||
1.
|
Kelompok 1
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelompok 2
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui :
Dosen Pembimbing
Drs. USMADI, M.Pd
|
Padang Panjang, ......................... 2012
Guru Mata Pelajaran
EVANIS DESVITA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar