18 Nov 2010

Milioner Inggris Rakit Mobil Listrik Senilai Rp 12 Miliar

Jakarta - Apa jadinya kalau milioner hobi otomotif roda empat seperti orang kaya asal Inggris, Dale Vince. Untuk memuaskan hasrat berkendaranya, pria berusia 48 tahun itu tidak mengunjungi showroom mobil untuk memboyong mobil listrik ke garasi rumah, melainkan merakit mobil listrik sendiri.

Pria yang juga mendapat gelar bangsawan dari ratu Inggris, Officer of the British Empire (OBE) rela mengeluarkan dana sebesar 1 juta uero atau sebesar Rp 12 miliar untuk membangun mobil listrik.

Dana tersebut seperti dilansir Dailymail, Senin (15/11/2010) kemudian dia gunakan untuk merakit satu unit mobil listrik yang dijuluki 'Nemesis'.

Agar hasil mobil listrik Nemesis maksimal, Vince bekerja sama dengan perusahaan energi listrik ternama di kota Gloucestershire, Inggris dan juga menugaskan para insinyur kawakan. Diantaranya insinyur teknis yang biasa menangani supercar F1 McLaren dan DeLorean.

Vince mulai membangung Nemesis dari basis Lotus Exige yang didapat sang milinoer dari situs jual beli, eBay, lengkap dengan mesin dan transmisi. Selanjutnya proses pengerjaan dilakukan dengan mengkombinasikan mesin konvensional dengan baterei lithium-ion polymer.

Untuk menggerakan kak-kaki Nemesis, para insinyur membenamkan dua motor listrik yang dapat menghantarkan tenaga sebesar 330 bhp. Sejauh ini, Nemesis telah mencatat rekor kecepatan maksimal 135 mph atau 217,2 km perjam. Angka itu belum maksimal, karena sebetulnya mobil tersebut bisa melaju mencapai kecepatan maksimal 170 mph (273,5 km perjam).

Nemesis diklaim dapat bergerak dari titik 0 - 100 km perjam dengan waktu 8.5 detik. Selanjutnya, dengan waktu pengisian kurang dari 2 jam, Nemesis dapat menjangkau jarak sejauh 150 mil atau 388 kilometer. Aksi Vince ini pun menjadikan dirinya sebagai yang pertama mengendarai mobil sport listrik di Inggris. Meski begitu, seorang miliarder asal Rusia sebelumnya juga sempat menunjukan aksinya dengan memproduksi mobil listrik sendiri meski itu bukan sebuah mobil sport. ( ikh / ddn )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar